06 August 2019

Soal dan Kunci Jawaban KSM Matematika Terintegrasi Tingkat Kabupaten Tahun 2019 Untuk MA

Folder OSN. Kementerian agama republik indonesia melalui direktorat jenderal pendidikan islam direktorat kurikulum, sarana, kelembagaan dan kesiswaan madrasah telah selesai meyelenggaran KSM Tingkat Kabupaten/Kota tahun 2019 pada 20 Juli 2019 lalu. Kali ini Folder OSN akan berbagi Soal KSM yang dilengkapi juga dengan kunci jawaban Bidang Matematika Terintegrasi MADRASAH ALIYAH seleksi tingkat kabupaten/kota kompetisi sains madrasah 2019. Soal KSM Matematika Tingkat MA pada seleksi kabupaten/kota ini terdiri dari 25 soal pilihan ganda, Waktu yang disediakan untuk menyelesaikan seluruh soal pada naskah ini 120 menit.

Soal KSM Tingkat Kabupaten Tahun 2019 Matematika Terintegrasi Untuk MA

Tujuan Folder OSN berbagi soal KSM sama dengan berbagi soal soal OSN. Tujuanny adalah untuk memberikan kemudahan kepada para siswa calon peserta KSM di tahun tahun berikutnya, dan juga memberikan kemudahan bagi bapak/ibu guru untuk mendapatkan soal soal KSM tiap tahunnya. Secara umum memberikan kemudahan kepada siapa saja yang ingin mendapatkan dan memimiliki soal soal KSM dengan mudah. 

Sekarang silahkan kamu download Naskah Soal KSM Matematika Terintegrasi Tahun 2019 Jenjang MA dan Kunci jawaban pada link dibawah.
Kompetisi Sains Madrasah (KSM) memiliki tujuan secara umum dan secara khusus. Secara umum tujuan KSM adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara umum melalui menumbuh kembangkan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dengan kompetensi yang sehat dan menjunjung tinggi sportifitas dan nilai-nilai islam dalam mempelajari dan memahami sains. Sedangkan secara khusus tujuan KSM ada empat, yaitu : (1) sebagai wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehinga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah; (2) untuk memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama; (3) untuk menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa madrasah dan (4) untuk memberikan kesempatan yang sama bagi siswa madrasah dalam belajar, beraktifitas dan berprestasi.

Untuk kamu siswa madrasah rugi rasanya jika kamu memilki kemampuan sains tidak ikut KSM ini. KSM di madrasah sama halnya dengan OSN di kemdikbud. KSM dan OSN seleksinya mula dari tingkat sekolah, kabupaten, provinsi dan sampai nasional. KSM hanya bisa diikuti oleh siswa madrasah.

Untuk kamu mendapatkan informasi KSM setia tahunnya, kamu silahkan selalu pantau website resmi KSM yang di bangun oleh kemenag yaitu : (https://ksm.kemenag.go.id/ ). Tentang KSM: Lahirnya konsep integrasi dilatari oleh dikotomi antara ilmu-ilmu agama dan ilmu-ilmu umum. Keduanya terpisahkan dan seolah berjalan pada wilayahnya masing-masing. Hal ini juga dipicu oleh separasi antara sistem pendidikan Islam dan sistem pendidikan modern yang berdampak laten bagi umat Islam.

Pendaftaran KSM dilakukan secara Online setelah mengikuti dan memperoleh hasil KSM tingkat sekolah, setelah kamu mendaftar secara Online di Website ksm. kemenag. go. id tersebut, kamu akan di verifikasi oleh komite kabupaten. Tugas utama Komite Kabupaten/Kota didalam Aplikasi KSM adalah :
  1. Memverifikasi Data Peserta yang berhak mengikuti KSM tingkat Kabupaten/Kota.
  2. Menyiapkan kelengkapan-kelengkapan tes KSM tingkat Kabupaten/Kota seperti Absensi Peserta,Kartu Meja,Album Peserta dan Berita Acara yang dapat didownload di Aplikasi
  3. Melakukan Input Hasil Pelaksanaan KSM tingkat Kabupaten/Kota kedalam Aplikasi
  4. Mencetak Piagam KSM tingkat Kabupaten/Kota.
  5. Melakukan Disposisi Peserta yang merupakan juara KSM Tingkat Kabupaten/Kota agar dapat mengikuti KSM tingkat Provinsi .
Selanjunya bagi siswa yang mendapat kesempatan untuk lanjut KSM tingkat provinsi dari hasil seleksi kabupaten akan diverifikasi kembali oleh komite provinsi. Tugas utama Komite Provinsi didalam Aplikasi KSM adalah :
  1. Memonitoring Pendaftar dan Proses Verifikasi yang dilakukan oleh Komite Kabupaten/Kota
  2. Memastikan seluruh peserta yang didaftarkan diverifikasi oleh Komite Kabupaten/Kota
  3. Menerima hasil disposisi berikut surat disposisi yang dikirimkan oleh Komite Kabupaten/kota.
  4. Memastikan Peserta yang didisposisi oleh Komite Kabupaten/kota untuk mengikuti KSM tingkat Provinsi adalah benar yang merupakan juara KSM tingkat Kabupaten/Kota.
  5. Mempersiapkan fasilitas fasilitas untuk pelaksanaan KSM tingkat Provinsi berbasi CBT (Computer Base Tes) 
  6. Menyiapkan kelengkapan-kelengkapan tes KSM tingkat Provinsi seperti Absensi Peserta,Kartu Meja,Album Peserta dan Berita Acara yang dapat didownload di Aplikasi.
  7. Mencetak Piagam KSM tingkat Provinsi.
  8. Melakukan Disposisi Peserta yang merupakan juara KSM Tingkat Provinsi agar dapat mengikuti KSM tingkat Nasional di Manado .

1 comment

  1. Kunci jawaban matematika ksm ma tingkat kabupaten

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon