22 February 2019

Dinas Pendidikan Gandeng Kampus Untuk Pembinaan OSN

Untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan mendapatkan hasil yang memeuaskan "Sang Juara OSN" berbagai cara dilakukan oleh sekolah, bahkan sampai ke dinas pendidikan kabupaten/kota. Misalkan saja Dinas pendidikan kota suranaya, untuk memberikan pembinaan OSN SMP Tahun 2019 ini mereka menggandeng ITS. Ini salah satu cara yang dilakukan, dinas pendidikan daerah lain atau sekolah ada yang mendatang pelatih berasal dari penyedia jasa pelatihan atau dari para pemenang OSN sebelumnya. Harapan besar pada olimpiade yang bergengsi ini, selain itu dianggap sebagai pintu untuk masuk olimpiade tingkat internasional.

Dinas Pendidikan Gandeng Kampus Untuk Pembinaan OSN

Dalam pembinaan dengan ITS, selama lima hari siswa SMP negeri se-Kota Surabaya sebanyak 372 akan mengikuti pembinaan Olimpiade Siswa Nasional (OSN) tahun 2019 di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

Pembinaan OSN dibuka langsung Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya Ikhsan di Ruang Auditorium Riset Center ITS, Kamis (14/02/2019), dan dihadiri Kepala Bidang Sekolah Menengah Sudarminto, guru pendamping, kepala sekolah, serta dosen dari Fakultas Ilmu Alam ITS.

Ikhsan menjelaskan, lomba OSN jenjang SMP tingkat Kota Surabaya baru dilaksanakan pada bulan Maret. Pembinaan ini sebagai langkah persiapan. "Masing-masing siswa harus tetap mengembangkan diri. Jangan pernah berhenti," katanya.

Ikhsan juga meminta kepada tim ITS untuk memberi kemudahan bagi siswa yang mengalami kesulitan. Diskusi bisa dilakukan dan berjalan. "Mudah-mudahan yang ada di sini bisa mengikuti OSN dengan kondisi sehat. Dan dari siswa yang berada di dalam ruangan ini bisa muncul para juara," ujarnya.

Kepala Departemen Fisika, Fakultas Ilmu Alam ITS, Yono Hadi Pramono mengatakan, dalam pembelajaran eksakta, pada dasarnya untuk melatih berpikir. "Jangan dibuat susah. Karena eksakta pada dasarnya digunakan untuk kehidupan sehari-hari," terangnya.Yono berharap, yang diperoleh siswa dari pembinaan ini dapat bermanfaat. "Semoga bisa menjadi juara dan ikut mengharumkan nama Kota Surabaya di ajang OSN," terangnya. (Humas Dispendik Surabaya)
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon