23 May 2018

Tips Belajar Sukses OSN ke Tingkat Nasional

Jika Anda ingin mengetahui mengenai tips belajar sukses OSN ke tingkat nasional tentu saja harus bertanya kepada orang yang berpengalaman. Dalam hal ini pengalaman bisa Anda ketahui melalui guru maupun orang yang sudah pernah mengikuti olimpiade ini sebelumnya. Dari sinilah Anda bisa menggali informasi untuk mendapatkan segala hal yang Anda butuhkan. Untuk itu berikut ini beberapa informasi penting yang Anda butuhkan.

Medali OSN

Tips belajar sukses OSN ke tingkat nasional yaitu
1. Memilih mata pelajaran yang diminati
Jika Anda ingin sukses menjalani OSN ke tingkat nasional maka mulailah memilih pelajaran yang diminati. Sehingga saat Anda belajar akan memiliki semangat dan keinginan yang kuat untuk dapat menguasai bidang ini. Dengan demikian ilmu yang dipelajari akan menjadi mudah dimengerti. Tentu saja akan berbeda jika Anda tidak menyukai mata pelajarannya namun tetap memaksakan mengikuti lomba hanya karena beban tanggung jawab yang diberikan.

2. Mengali kemampuan diri
Anda juga harus memulai untuk menggali minat yang ada di dalam diri. Misalnya saja Anda memang lebih cenderung dengan pelajaran yang mana. Segalanya mungkin awalnya belum mengetahui namun jika Anda menggali secara terus menerus. Maka bukan hal yang tidak mungkin jika Anda akan menemukan minat diri.

3. Berdoa
Setelah segala usaha yang dilakukan maka tentu saja langkah terakhir dengan menyerahkan segala urusan yang sudah diupayakan kepada Allah SWT. Dengan demikian akan membantu untuk mendapatkan hasil terbaik dan juga membuat hati menjadi lebih tenang. Anda tentu saja mengetahui bahwa jika bertanding dengan hati yang tenang akan memberikan hasil maksimal.

4. Restu dari kedua orang tua
Dirasakan hal yang percuma apabila Anda hanya mengandalkan kemampuan diri. Segala sesuatu akan menjadi lebih dimudahkan oleh Allah SWT, jika Anda juga meminta restu orang tua. Dengan meminta secara baik maka hati orang tua akan menjadi luluh dan memberikan doa terbaiknya. Jika dari doa yang dipanjatkan Allah SWT mengabulkannya karena doa tersebut mengetuk pintu langit. Maka segalanya menjadi lebih mudah bahkan jauh dari yang Anda bayangkan.

5. Belajar dengan giat
Usahakan saat belajar Anda mencatat hal yang penting dalam catatan ringan di lembar kertas HVS. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa ini adalah kisi kisi dari yang telah Anda pelajari. Sehingga catatan kecil ini yang digunakan untuk belajar selama menunggu proses olimpiade akan dilakukan. Anda juga tidak perlu membawa catatan dalam jumlah yang banyak sehingga membuat bingung bagaimana mempelajarinya.

6. Persiapan soal
Telah dibicarakan sebelumnya bahwa Anda perlu untuk mempersiapkan segalanya dengan baik. Persiapan bisa dimulai dari mencari informasi mengenai jenis buku dari pembahasan soal tahun sebelumnya, bertanya mengenai apa saja yang harus dipersiapkan oleh kakak kelas, mengikuti informasi terbaru dan membaca apa saja peraturan yang sebaiknya ditaati selama mengikuti OSN tersebut.

7. Fokus dan memberikan motivasi diri
Segalanya akan berjalan sesuai dengan yang diinginkan apabila Anda senantiasa fokus dalam menjalani segala hal termasuk saat maju dalam OSN tersebut. Dengan demikian langkah selanjutnya yang menjadi pamungkas adalah memberikan motivasi pada diri sendiri bahwa segala hal tidak ada yang menjamin sukses. Namun hanya ada peluang yang apabila Anda jeli dan mampu memanfaatkannya segalanya akan mendukung kesuksesan yang ingin diraih.

8. Fokus pada solusi
Jika Anda menemukan kendala selama berada di lapangan. Maka usahakan untuk tidak fokus pada masalah yang dihadapi. Akan tetapi fokus pada solusi untuk menyelesaikan hal ini dengan baik.

Berbagi Informasi, Soal dan Pembahasan OSK, OSP, OSN dan OGN

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon