01 March 2018

Soal OSK Astronomi 2018 dan Kunci Jawaban

Soal Olimpiade Sains Nasional Tingkat Kabupaten (OSK) Astronomi Tahun 2018. Pada kesempatan ini kami akan berbagi soal OSK Astronomi tahun 2018 yang di ujikan pada tanggal 28 februari 2018 di kabupaten masing-masing sama seluruh indonesia. Pada laman ini kami berbagi soal OSK astronomi yang dapat kamu download secara gratis.

Soal OSK Astronomi 2018 ini kami lengkapi juga dengan kunci jawabnnya.

Kami juga berusa dengan baik untuk memberikan kemudahan dalam mendapatkan soal OSK OSP dan OSN dari tahun ke tahun dengan mudah mendownloadnya. Tujuan kami berbagi soal OSK OSP dan OSN adalah untuk membantu sahabat kita yang sekolahnya susah mendapatkan soal-soal OSN. Kita ketahui soal soal OSK tiap tahunnya setelah siswa melakukan OSK soal dan jawaban kembali dikumpulkan kepada panitia, sehingga peserta tidak memiliki soal.

Dengan kami mendirikan Folder OSN di tahun 2017 agar terkumpul soal soal olimpiade dari tahun ke tahunnya, dan siapa saja dengan mudah memiliki untuk mereka pelajari kembali sebagai persiapan menghadapi OSK atau OSP atau OSN tahun tahun berikutnya.

Bagi kamu yang sedang mencari soal OSK Astronomi tahun 2018, ini adalah laman yang kamu cari untuk mendownload soal tersebut. Silahkan kamu download melalui link tautan dibawah ini.


Setelah kamu memndownload soal tersebut, kami juga menyarana kepada kamu untuk berbagi laman download soal ini, karena diluar sana banyak teman kita yang mungkin juga sedang mencari soal OSK astronomi untuk meraka koleksi sebagai arsip persiapan osk selanjutnya.

Berikut kami ketik ulang juga soal astronomi yang di ujikan di OSK 2018
No 6
Which statement best describes the position of the Sun at sunrise and sunset as seen by an observer in northern hemisphere on June 21?
A. The Sun rises north of due east and sets north of due west.
B. The Sun rises south of due east and sets south of due west.
C. The Sun rises north of due east and sets south of due west.
D. The Sun rises south of due east and sets north of due west.
E. The Sun rises due east and sets due west.

No 7
Bentuk umum geometri bintang adalah bola. Selain itu, hampir seluruh materi di bintang bertahan, terkumpul, dan tetap terikat dalam bintang. Kesetimbangan terjadi di bintang antara gaya gravitasi ke arah pusat bintang dan tekanan gas (dan tekanan radiasi) ke arah permukaan bintang. Tekanan gas tersebut
A. sama nilainya di seluruh bagian dalam dari bintang.
B. lebih besar nilainya di permukaan bintang dibandingkan dengan di pusat bintang.
C. lebih kecil nilainya di permukaan bintang dibandingkan dengan di pusat bintang.
D. lebih besar nilainya di arah pandang pengamat dibandingkan dengan di arah luar pandang.
E. lebih kecil nilainya di arah pandang pengamat dibandingkan dengan di arah luar pandang.

No 8
Pengamatan satu periode dari titik musim semi (vernal equinox) ke titik musim semi terdekat berikutnya, yang disebut panjang tahun tropis, menunjukkan besaran yang tidak konstan selama 365,242199 hari. Panjang tahun tropis bervariasi di sekitar angka tersebut. Salah satu penyebab hal itu terjadi adalah
A. gerak presesi Bumi.
B. gerak nutasi Bumi.
C. gerak diri bintang polar.
D. ekspansi alam semesta.
E. jawaban A, B, C, dan D salah.

No 9
Dua buah bintang, A dan B, dengan massa masing-masing 1 M0 dan 9 M0 terpisah sejauh 10 au. Resultan gaya gravitasi dari A dan B adalah nol di titik C. Jarak dari B ke C adalah
A. 9 au
B. 3 au
C. 20 au
D. 5 au
E. 10 au

N0 10
Hasil penelitian Supernova Cosmology Project dan High-Z Supernova Search Team adalah penemuan alam semesta mengembang dipercepat. Pengembangan alam semesta dipercepat diamati mulai dari redshift z 0,4 setelah adanya peran dark energy. Konsekuensi penemuan ini adalah
A. kerapatan radiasi menurun sebanding dengan penurunan kerapatan dark energy.
B. kerapatan materi menurun sebanding dengan penurunan kerapatan dark energy.
C. kerapatan dark energy menurun dengan cepat.
D. kerapatan radiasi dan materi menurun dengan cepat.
E. kerapatan dark energy bertambah.

No 11
Penentuan temperatur bintang yang benar adalah dengan cara
A. mengukur terang semu bintang dan membuat diagram Hertzprung Russell untuk menentukan tem¬peratur bintang.
B. mengukur indeks warna bintang dengan filter biru dan visual, dan menggunakan Hukum Wien untuk menentukan temperatur dari indeks warna.
C. untuk bintang yang dekat, mengukur paralaks dan menentukan jarak. Hubungkan jarak ini dengan temperatur.
D. untuk beberapa bintang yang besar, mengukur diameternya dan menetapkan temperatur.
E. mengukur gerak bintang dalam sistem bintang ganda dan menggunakan Hukum Kepler untuk me¬nentukan temperatur dari orbit bintang.

No 12
Pada saat hari proklamasi NKRI, fase Bulan ada di sekitar hari ke-8 atau ke-9. Diketahui bahwa 19 tahun surya bersesuaian dengan 235 periode sinodis Bulan (yang disebut siklus Meton). Tanggal 17 Agustus 2021 bertepatan dengan fase Bulan hari
A. ke-8 atau ke-9
B. ke-12 atau ke-13
C. ke-2 atau ke-3
D. ke-4 atau ke-5
E. purnama

Soal Isian Singkat
No 16
Apabila kita ingin meletakkan sebuah satelit ke orbit yang berada di atas permukaan Bulan, kecepatan terbang satelit tersebut adalah ........ m/detik.

No 17
Kisi difraksi memiliki 10⁴ garis setiap 2,5 cm. Kisi difraksi ini disinari cahaya kuning dari lampu sodium (𝛌₁ = 0,58959 µm dan 𝜆₂ = 0,58900 µm) pada arah normal. Sudut deviasi maksimum orde pertama untuk garis-garis sodium tersebut adalah  ......... derajat dan ..............derajat.

No 18
Diketahui satelit Cassini memiliki massa 2,5 kg dan memiliki ukuran penampang 20 m². Pada tahun 2017, Cassini jatuh ke Saturnus. Asumsikan Cassini jatuh ke arah pusat Saturnus, kerapatan atmosfer Saturnus 9x10¹¹ kg/m³, dan koefisien gesek sebesar 2. Jika pada saat jatuh terjadi kesetimbangan antara gaya gravitasi dengan gaya gesek udara akibat ketebalan gas planet Saturnus, kecepatan jatuh Cassini pada saat kesetimbangan tersebut terjadi adalah ...................... km/detik. Kecepatan ini disebut juga sebagai kecepatan terminal.

No  19
Jika mata manusia memiliki diameter pupil 4,5 mm, maka sebuah refraktor dengan diameter lensa objektif 45 cm memberikan daya pisah dan daya kumpul cahaya dalam panjang gelombang visual (550 nm) masing¬masing sebesar ..................  kali dan .................. kali lebih baik daripada mata.

No 20
Citra Matahari yang disertai bintik Matahari diperoleh dari pengamatan resolusi tinggi dalam cahaya tampak. Fotometri dari bintik Matahari ini menunjukkan bahwa kecerlangan permukaan bintik Matahari adalah sekitar 0,32 kali kecerlangan permukaan fotosfer sekitarnya. Jika temperatur fotosfer Matahari diketahui sebesar 6600 K, temperatur bintik Matahari adalah  ...................... K.
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon