20 March 2018

Pembahasan Soal OSN SD 2016 Tingkat Nasional

Untuk mempersiapakan diri siswa SD menuju OSN baik tingkat kecamata, OSN SD Tingkat Kabupate, Tingkat Provinsi dan sampai tingkat nasional tidak lepas dari soal-soal OSN Tingkat Nasional. Dalam kesempatan ini Folder OSN membahas soal OSN SD Tahun 2016 Tingkat Nasional. Sebelum tulisan ini kami publish kami juga telah membahas soal osn sd 2016 tingkat nasional ini nomor 16 sampai nomor 20. Lihat Pembahasan OSN SD 2016 Nomor 16-20

Dalam Tulisan ini nanti kami membahas soal OSN SD ini dari nomor 21 sampai dengan nomor 25. Semoga nanti pembahasan soal yang kami publish ini memberikan manfaat, dan kami menerima krtikan dan perbaikan atau koreksian pembahasan kami untuk kesempurnaan.

Soal No 21
Seorang penerjun melompat dari pesawat terbang pada ketinggian tertentu. Gambar di bawah ini menunjukkan grafik kecepatan terhadap waktu dari penerjun tersebut.

Pembahasan Soal OSN SD 2016 Tingkat Nasional

Titik yang menunjukkan saat penerjun tersebut membuka parasutnya adalah ...
A. titik A
B. titik B
C. titik C
D. titik D
Pembahasan. Melihat dari grafik kecepatan terhadap waktu, mula mula bisa di anggap kecepatan sama dengan nol ketika waktu juga nol, ketika waktu bertambah, maka kecepatan meningkat drastis sampai ke titik A, dan trus naik dengan lamban sampai ke titik B. dari titik B ke C kecepatan sudah stabil, kemudian dari titik C sampai ke titik D Kecepatan turun drastis dalam waktu yang sangat singkat. Seorang penerjun payung membuka parasutnya membuat adanya haya gesekan udara sehingga kecepatan berkurang drastis, Titik yang menunjukkan saat penerjun tersebut membuka parasutnya adalah adalah titik C

Soal nomor 22
Diantara grafik-grafik di bawah ini yang menunjukkan kekekalan energi adalah ...

Pembahasan Soal OSN SD 2016 Tingkat Nasional
Pembahasan. 
Secara umum Enegri kinetik adalah energi yang dimiliki benda bergerak, dan energi potensial adalah energi yang dimiliki benda ketika berada pada ketinggia tertentu. Sedangkan energi mekanik adalah penumlahan energi kinetik dan enegi potensial.
Energi mekanik akan selalu bernilai tetap, energi mekanik tidak pernah berubah. yang mengalami perubahan adalah energi kinetik dan potensial. Melihat dari grafik, maka energi mekanik adalah garis yang rata-rata di atas secara mendatar.
Melihat dari grafik untuk energi potensial adalah yang dimulai dari atas, dan energi kinetik dari bawah pada grafik energi ata sebelaiknya bisa juga.
Pembahasan Soal OSN SD 2016 Tingkat Nasional


Soal Nomor 23
Batang tembaga dan batang aluminium dengan dimensi sama digunakan dalam percobaan pemuaian panjang. Salah satu sisi batang ditempelkan pada dinding, batang tembaga di sisi kanan dan batang aluminium di sisi kiri. Antara kedua batang tersebut terdapat ruang kosong seperti ditunjukkan pada gambar. Jika kedua batang tersebut mengalami pemanasan seragam dan koefisien muai linear tembaga 1,7 x 10-5 /oC dan aluminium 2,4 x 10-5 /oC, maka titik temu antara kedua batang tersebut adalah ...
Pembahasan Soal OSN SD 2016 Tingkat Nasional

A. di daerah antara A dan B
B. di daerah antara B dan C
C. tepat di titik B
D. tepat di titik A
Pembahasan. Yang mempengaruhi pemuaian adalah jenis penyusun bahan dalam hal ini disebut sebagai koefisien muai, kemudian perubahan suhu, dan panjang mula-mula atau sebelum dipanaskan.
Nah, melihat dari soal bahwa pemanasan seragam, tapi yang membedakan adalah koefisien muainya. Maka berdasarkan persaman pemuaian muaiaan, bahwa pertambahan panjang berbanding lurus dengan koefisien muainya, maka yang megalami pertambahan panjang lebih panjang adalah yang memiliki koefisien muai panjang yang besar.
Kesimpulannya adalah aluminium akan mengalami pertambahan panjang lebih besar dari tembaga, maka aluminium akan melewati titik tengah atau B, pertemuan batang setelah memuai yaitu di anatara titik B dan C

Soal Nomor 24
Suatu percobaan dilakukan untuk menunjukkan terjadinya perubahan wujud benda yang diletakkan dalam gelas Beaker. Gelas tersebut berisi campuran kapur barus dan pasir, kemudian ditutup dengan piring berisi es batu. Gelas Beaker tersebut dipanaskan beberapa saat, sehingga terjadi perubahan wujud di dalamnya. Proses perubahan wujud yang terjadi di dalam gelas ukur adalah ...
Pembahasan Soal OSN SD 2016 Tingkat Nasional

A. kapur barus menguap kemudian mengendap
B. kapur barus menguap kemudian mengkristal
C. kapur barus menyublim kemudian mengkristal
D. kapur barus menyublim kemudian mengendap
Belum Mampu Kami Jawab

Soal Nomor 25
The diagram at the right represents light rays approaching a double concave lens parallel to the principal axis. Which of the following diagrams best represents the light rays after passed through the lens?
Pembahasan Soal OSN SD 2016 Tingkat Nasional
Pembahasan Soal OSN SD 2016 Tingkat Nasional


Pembahasan.
Sifat cahaya Pada Lensa Cekung Menyebarkan cahaya
Sifat Cahaya Pada Lensa Cembung Mengumpulkan cahaya pada titik fokus belakang.
Berbeda dengan pada cermin
Cermin Cekung Mengumpulkan cahaya pada titik fokus sedangkan cermin cembung menyebarkan cahaya.

Berbagi Informasi, Soal dan Pembahasan OSK, OSP, OSN dan OGN

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon