10 February 2018

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional Tahun 2018 di Padang Sumatera Barat Pada Tanggal 1-7 Juli 2018

Sudah Pasti pelaksanaan OSN Tahun 2018 akan dilaksanakan di padang Sumatera Barat, hal ini sudah tertuang dalam juknis OSN tahun 2018, baik Petunjuk Pelaksanaan OSN SD 2018, OSN SMP 2018 dan OSN SMA 2018.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional Tahun 2018 di laksanakan di Padang, Sumatera Barat Pada Tanggal 1-7 Juli 2018. Pelaksanaan Tingkat Nasional Serentak semuanya tanggal 1-7 Juli 2018 di padang tanah minang baik untuk OSN SD, OSN SMP maupun OSN SMA.
Peserta OSN SD Bidang Lomba Matematika sebanyak 136 Orang dan Peserta OSN SD Bidang Lomba IPA juga  sebanyak 136 Orang sehingga untuk OSN SD Berjumlah 272 orang.

OSN 2018 di Padang Sumatera Barat

Peserta OSN SMP tingkat nasional berjumlah 132 orang untuk masing masing bidang OSN SMP, OSN SMP terdiri dari tiga bidang lomba, maka Peserta Lomba Matematika 132 Orang, Peserta OSN IPA 132 orang dan Peserta OSN IPS juga 132 Orang, sehingga seluruh peserta OSN SMP nantinya 396 orang. Untuk rincian pemilihan menjadi peserta OSN SMP tingkat nasional sebagai berikut : Peserta terdiri dari 64 (enam puluh empat) peserta terbaik peringkat nasional dan 68 (enam puluh dela¬pan) peserta terbaik perwakilan dari 34 (tiga puluh empat) provinsi. Perwakilan provinsi adalah 2 peserta terbaik per bidang OSN SMP, se-lain yang termasuk ke dalam 64 peserta terbaik peringkat nasional.

Untuk Peserta OSN tingkat nasional belum bisa dipastikan jumlahnya, karena dalam juknis dijelaskan cara pemilihan peserta OSN SMA tingkat nasional sebagai berikut :
  1. Setiap Provinsi diwakili minimal 1 (satu) siswa terpilih per bidang.
  2. Untuk setiap bidang sains, maksimum peserta setiap Provinsi adalah sepuluh persen dari total peserta OSN.
  3. Jumlah maksimal peserta tiap sekolah yang dikirimkan ke OSN adalah 2 (dua) siswa per bidang.
Kesempatan ini akan membawa dampak positif bagai masyarakat padang, selain dikenalnya sumatera barat menjadi tuan rumah OSN 2018, ekonomi kreatif akan bermunculan terutama dalam pembuatan souvernir khas minang yang akan dijual di hari pelaksanaan OSN tahun 2018 untuk dibawa oleh peserta OSN sebagai oleh-oleh ke daerah mereka.

Tentu saja ini tidak membawa dampak kepada ekonomi kreatif saja, tapi para peserta OSN akan bisa mengenal berbagai khas minang, minang yang dikenal dengan rumah makan dimana-mana, maka kesempatan ini bisa memperkenalkan aneka kuliner khas minang. Tidak cukup itu saja, peserta juga akan bisa mengenal berbagai tempat wisata dan sejarah yang ada di sumatera barat. dan takkalah pentingnya adalah sedikit banyaknya peerta OSN 2018 juga akan bisa mengenal berbagai ragam kebudayaan yang ada ditanah miang ini.

Dalam gambar yang kami tampilkan dalam tulisan ini ada Gambar Jam Gadang dan Masjid Raya Sumbar. Jam Gadang adalah salah satu khas yang ada di sumatera barat. Jam Gadang yang terletak di kota bukit tinggi. Kemudian masjid raya sumabar yang juga menjadi icon sumbar, masjid yang didesain khusus yang terletak di kota padang ini atapnya menunjukkan khas mianangnya. Masih banyak icon dan wisata lain yang dapat dilihat nantinya oleh peserta OSN 2018 di sumatera barat.

Berbagi Informasi, Soal dan Pembahasan OSK, OSP, OSN dan OGN

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon