24 January 2018

Juknis & Pelaksanaan OSN SD 2018 Surabaya

Juknis & Pelaksanaan OSN SD 2018  Surabaya
Olimpiade Sains Nasional (OSN) SD 2018. PEMERINTAH KOTA SURABAYA DINAS PENDIDIKAN menyampaikan kepada seluruh Kepala SD/MI se Kota Surabaya tentang Pelaksanaan Seleksi OSN jenjang SD/MI Tahun 2018 melalui surat edaran nomor 000/0445/436.7.1/2018. 

DOWNLOAD Juknis & Pelaksanaan OSN SD 2018  Surabaya (link download sudah dihapus)

Dalam rangka persiapan seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provinsi maupun nasional tahun 2018, dengan ini kami sampaikan kepada seluruh Kepala SD/MI se Kota Surabaya sebagai berikut :
I. Tahapan
Seleksi OSN jenjang SD/MI ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari tingkat Sekolah, tingkat Kecamatan dilanjutkan ke tingkat Kota, tingkat provinsi sampai dengan tingkat Nasional.

II. Peserta
a. Seleksi OSN jenjang SD/MI tahun 2018 diikuti oleh seluruh satuan pendidikan jenjang SD/MI dengan total 20 peserta tiap satuan pendidikan (setiap SD/MI yang memiliki izin penyelenggaraan pendidikan yang masih berlaku wajib untuk mengirimkan siswanya untuk mengikuti seleksi OSN Tahun 2018).
b. Peserta adalah siswa SD/MI yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kepala sekolah yang bersangkutan.
c. Peserta seleksi tetap, tidak boleh diganti oleh siswa lain setelah seleksi dimulai
d. Peserta seleksi adalah peserta didik SD/MI kelas IV dan V yang masih aktif pada tahun pelajaran 2017/2018.

III. Mekanisme
a. Seleksi tingkat Sekolah
  • Sekolah melakukan pendaftaran di web PROFIL SEKOLAH di menu pendaftaran OSN mulai tanggal 15 s.d 29 Januari 2018, dengan menunjuk 10 peserta didik untuk mata pelajaran matematika dan 10 peserta didik untuk mata pelajaran IPA, dengan ketentuan peserta didik kelas IV minimal 3 siswa dan peserta didik kelas V maksimal 7 siswa setiap mata pelajaran.
  • Setelah melakukan pendaftaran melalui web PROFIL SEKOLAH, Sekolah dapat mencetak daftar calon peserta serta kelengkapan seleksi seperti kartu peserta melalui web.
  • Soal dan lembar jawaban peserta seleksi akan disediakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya
  • Seleksi dilakukan secara serentak di masing-masing sekolah untuk menentukan 1 peserta didik tiap mata pelajaran di setiap sekolah dan 2 peserta didik tiap mata pelajaran di setiap kelurahan diluar passing grade sekolah. Selanjutnya peserta didik yang lolos tersebut berhak mengikuti seleksi tingkat kecamatan.
b. Seleksi tingkat Kecamatan
  • Seleksi akan dilaksanakan secara serentak untuk tiap wilayah UPTD BPS yang akan diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
  • Soal dan lembar jawaban peserta seleksi akan disediakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
  • UPTD BPS untuk menentukan dan mempersiapkan lokasi pelaksanaan seleksi di masing – masing wilayahnya
  • Hasil seleksi akan ditentukan berdasarkan passing grade yang ditetapkan yaitu 3 peserta didik tiap mata pelajaran di setiap kecamatan dan disebut sebagai passing grade kecamatan dan 2 peserta didik tiap mata pelajaran di setiap Kecamatan diluar passing grade Kecamatan dan disebut sebagai perwakilan kecamatan. Selanjutnya peserta didik yang lolos tersebut berhak mengikuti seleksi tingkat Kota
c. Seleksi tingkat Kota
  • Seleksi kota akan diadakan setelah seleksi tingkat kecamatan selesai dilaksanakan.
  • Peserta adalah peserta yang telah lolos seleksi tingkat Kecamatan
  • Seluruh pelaksanaan seleksi tingkat kota akan diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.
  • Seleksi dilakukan di satu lokasi pelaksanaan seleksi tingkat Kota untuk menentukan 10 peserta didik dengan nilai tertinggi tiap mata pelajaran selanjutnya peserta didik yang lolos tersebut berhak mengikuti pembinaan.
d. Pembinaan
Setelah dilakukan seleksi tingkat kota, maka akan dilakukan pembinaan selama kurang lebih 20 hari, selama proses pembinaan akan dilakukan proses seleksi untuk menentukan pemenang juara 1, 2, dan 3 untuk tiap mata pelajaran.

IV. Jadwal Seleksi
Seleksi Tingkat Sekolah
Tanggal    : Minggu ke 1 – 2 bulan Februari 2018
Pukul    : 09.00 WIB
Tempat    : Sekolah masing - masing

Seleksi Tingkat Kecamatan
Tanggal    : Minggu ke 2 – 3 bulan Februari 2018
Pukul    : 09.00 WIB
Tempat    : Wilayah UPTD BPS Masing - masing.

Seleksi Tingkat Kota
Tanggal    : Minggu ke 4 bulan Februari 2018
Pukul    : 09.00 WIB
Tempat    : SMPN 19 Surabaya.

Berbagi Informasi, Soal dan Pembahasan OSK, OSP, OSN dan OGN

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon