07 January 2018

Informasi Lomba-lomba Untuk SMP Tingkat Nasional Tahun 2018

Informasi Lomba-Lomba Untuk Siswa Jenjang SMP Tingkat Nasional ditahun 2018 telah diumumkan oleh DITPSMP  melalui website resmi DITPSMP (http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik ) Pada 5 januari 2018. Informasi Lomba-lomba Untuk SMP Tingkat Nasional Tahun 2018 bisa dijadikan acuan bagi bapak ibuk guru yang mengajar di SMP dan bapak ibu didinas pendidikan kabupaten kota dan provinsi sebagai acuan untuk pelasanaan kegiatan lomba ditingkat kabupaten kota dan juga sampai ke provinsi.
LOMBA SMP TINGKAT NASIONAL 2018

Di awal tahun 2018 yang telah seminggu memasuki semester genap tahun pelajaran 2017/2018 telah mengaktifkan kembali untuk trus mempersiapan diri menghadapi lomba-lomba yang bergensi guna untuk melihat kemampuan diri bersaing dan menanamkan Penguatan Pendidikan Karakter pada diri sebegaimana yang diharapkan pemerintah atas kegiatan kegiatan lomba tersebut.

Ruang-ruang kreativitas para siswa hadir dimana saja dan kapan saja. Sekolah sebagai wahana pembentukan bakat dan minat siswa harus menjadi tempat yang menyenangkan untuk tumbuh kembangnya bakat dan minat siswa.

Menyadari bakat dan minat siswa yang beragam, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan ragam lomba-lomba SMP Tingkat Nasional. Lomba-lomba ini diharapkan dapat mewadahi aneka bakat dan minat peserta didik sehingga mampu mengangkat potensi yang dimiliki oleh para siswa.

Kegiatan lomba-lomba SMP Tingkat Nasional juga sebagai upaya pemerintah untuk menanamkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Diharapkan nilai nasionalis, religius, integritas, mandiri, gotong royong mampu terinternalisasi di diri siswa. Lomba-lomba ini selain menguji potensi, juga menjadi sarana untuk mengukuhkan semangat kebersamaan dalam Bhinneka Tunggal Ika yang ada di negeri Indonesia.

Ada pun ragam lomba-lomba SMP Tingkat Nasional sebagai berikut:

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018
Olimpiade Sains Nasional merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk melahirkan generasi yang memiliki keunggulan dalam bidang sains dan teknologi. Terdapat 3 bidang yang diperlombakan di OSN yakni Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan Matematika. Seleksi berjenjang dilakukan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk memilah dan memilih peserta OSN. Untuk Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Nasional akan dihelat pada 24-30 Juni 2018.

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) 2018
Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk melahirkan generasi yang memiliki kecintaan terhadap seni dan budaya. Terdapat 5 cabang yang diperlombakan yakni Musik Tradisional, Seni Tari, Nyanyi Solo, Gitar Solo, dan Desain Poster. Seleksi berjenjang dilakukan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk menentukan siapa yang berhak berlaga di tingkat nasional. Untuk Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Tingkat Nasional akan diselenggarakan pada 26 Agustus-1 September 2018.

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018
Olimpiade Olahraga Siswa Nasional merupakan ajang unjuk gigi bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di ranah olahraga. Terdapat 5 cabang yang diperlombakan yakni Atletik, Renang, Bulu Tangkis, Karate, dan Pencak Silat. Seleksi berjenjang dilakukan mulai dari tingkat Kabupaten/Kota dan Provinsi untuk menentukan siapa yang berhak berlaga di tingkat nasional. Untuk Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Tingkat Nasional akan dihelat pada 16-22 September 2018.

Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) 2018
Rasa ingin tahu merupakan kunci dari ilmu pengetahuan. Di samping itu ketekunan dan kejujuran dibutuhkan dalam melakukan penelitian. Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) memperlombakan 3 bidang yakni IPA dan Lingkungan; IPS, Kemanusiaan, dan Seni; Ilmu Teknologi dan Rekayasa. Untuk Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI), naskah penelitian menjadi metode untuk menyeleksi siapa yang berhak mengikuti event ini. Untuk Olimpiade Penelitian Siswa Nasional (OPSI) akan diselenggarakan pada 22-28 Juli 2018.

Lomba Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP 2018
Tekad Indonesia ke pentas dunia bisa jadi langkahnya dipupuk melalui Liga Sepak Bola Siswa Indonesia Tingkat SMP (Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP). Seperti diketahui PSSI telah memancang target untuk mencapai semifinal Piala Dunia sebelum tahun 2045. Generasi emas sepak bola Indonesia tentu harus melalui pengelolaan dan pembinaan semenjak usia dini. Dan Gala Siswa SMP merupakan buah kerja sama dari Direktorat Pembinaan SMP, Dirjen Dikdasmen Kemdikbud dengan PSSI dan KONI. Ada pun tahapan dari Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP yakni pre registrasi jadwal pelaksanaan kecamatan pada tanggal 1-28 Februari 2018. Kompetisi tingkat kecamatan pada tanggal 1-14 Maret 2018. Pre registrasi jadwal pelaksanaan kabupaten/kota pada 15-22 Maret 2018. Kompetisi tingkat kabupaten/kota pada 23 Maret-14 Agustus 2018. Pre registrasi jadwal pelaksanaan provinsi pada 23 Maret-14 Agustus 2018. Kompetisi tingkat provinsi pada 1-14 September 2018. Kompetisi tingkat nasional pada 10-16 Oktober 2018. Ada pun Juara I Gala Siswa Indonesia Tingkat SMP akan mengikuti kejuaraan internasional yang dilaksanakan pada bulan November-Desember 2018.

Lomba Literasi 2018
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2015 menyatakan perlunya sekolah menyisihkan waktu 15 menit secara berkala untuk pembiasaan membaca sebelum jam pelajaran dimulai. Pembiasaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya menumbuhkan budi pekerti peserta didik melalui gerakan literasi sekolah.

Sebagai wujud nyata membentuk generasi literat, dihelatlah Lomba Literasi yang terdiri dari 4 cabang yakni Baca Puisi, Cipta Cerpen, Story Telling, Debat Bahasa Indonesia. Lomba Literasi akan dihelat pada 27-31 Oktober 2018. Sumber (http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/ )

Berbagi Informasi, Soal dan Pembahasan OSK, OSP, OSN dan OGN

2 komentar

Yth Bapak dirjen DikBud yang kami hormati menyikapi juklak o2sn smp 2018 tentang tahun kelahiran setelah 31 desember 2003 ( 1jan 2004) mohon ditinjau ulang sebab kami sebagai pelatih telah menyiapkan jauh2 sebelum tahun kelahiran 2003 berprdoman pd thun kelahiran kemaren 2002-2004 jdi dalam hal ini mohon d kaji ulang Pak sebab kasihan/kekecewaan atlit yang sudah hampir jadi dan pelatih.kalau kel 2004 kami sebagai pelatih harus bekerja ketas ntuk mencetak seorang atlit dalam waktu yang sesingkat-singkatnya no prestasi yang akan diperoleh Pak,sementara membuang ysng telah hampir jadi dalam hal ini mohon pada bapak ntuk mengkaji ulang tentang kebijakan ini.atas perhatian bapak kami ucapkan terima kasih dan mohon masf dalam hal ini

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon