01 October 2017

Olimpaide Sains Nasional (OSN) 2018 dilaksanakan di Kota Padang Sumatera Barat

Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2018 mendatang adalah OSN yang ke-27. Sebagai tuan rumah pelakasanaan OSN ke-27 Tahun 2018 nanti adalah Kota Padang Sumatera Barat. Kepastian pelaksanaan OSN 2018 di kota padang ditandai dengan penyerahan bendera OSN dari Pemprov Riau ke Pemprov Sumbar pada acara penutupan OSN ke-26 yang dilaksanakan dikota pekanbaru (7 Juli 2017).

Olimpaide Sains Nasional (OSN) 2018  dilaksanakan di Kota Padang Sumatera Barat
  1. SILABUS OSN SMP 2018 : DOWNLOAD
  2. PETUNJUK PELAKSANAAN OSN SMP 2018 : DOWNLOAD
  3. SILABUS OSN SMA 2018 : DOWNLOAD
Pemerintah Sumbar dalam hal ini dinas pendidikan provinsi sumatera barat tekah menyatakan kesiapannya untuk menjadi tuan rumah pelaksanaan OSN tahun 2018. Pernyataan kesiapan pemerintah sumabar ini disampaikan oleh Bapak  Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud RI (bapak Purwadi Susanto) dalam sambutannya pada acara penutupan OSN tahun 2017 di pekanbaru riau.

Menjadi tuan rumah pelaksanaan OSN adalah sebuah kebanggaan bagi pemerintah sumatera barat, selain itu yang terpenting menurut saya adalah semangat OSN nya, semangat kompetisi dibidang keilmuannya yang perlu di ambil oleh para siswa sumatera barat. Sesuai dengan tujuan OSN adalah sebagai wujud mengembangkan bakat dan minat siswa sesuai dengan bidang keilmuan yang disukai siswa siswa berkompetisi untuk meraih prestasi dibidang sains. Hal lain yang dapat diperoleh dengan kompetisi sains serupa OSN ini dapat memperkuat karakter siswa, itu lah harapan dari pemerinta.

Tujuan OSN lain adalah untuk melakukan pembinaan kepada siswa dalam mengembangkan bakat dan minat siswa sesuai dengan bidang yang mereka suakai.  Bidang yang dilombakan OSN jenjang SD adalah Matematika dan IPA, untuk jenjang SMP adalah MAtematika, IPA dan ditambah dengan IPS, sedangkan jenjang SMA ada Sembilan bidang keilmuan yaitu Matematika, Fisika, kimia, biologi, astronomi, kebumian, computer, ekonomi dan geografi.

Sumatera Barat memiliki tantangan yang besar sebagai tuan rumah, tantanganya adalah pada siswa, mampukan siswa sumatera barat yang menjadi peserta OSN nantinya dapat meraih medali emas dan mampu untuk merebut juara umum perolehan medali dari DKI Jakarta. Diketahui bahwa hasil perolehan medali OSN pekanbaru diraih oleh DKI Jakarta.

Untuk mendapatkan informasi Silabus OSN SD 2018, Silabus OSN SMP 2018 dan Silabus OSN SMA 2018 serta Juknis atau Pedoman pelaksanaan OSN Tahun 2018 silahkan ikuti perkembangan informasi yang di update oleh Folder OSN.
Comments

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon