09 May 2017

Proses Seleksi OSN Dari Tingkat Sekolah Sampai Nasional

OSN
Untuk menuju menjadi peserta OSN Provinsi tidaklah mudah, karena selain dari seleksi  tingkat kabupaten yang begitu ketat, tigkat sekolah merupakan seleksi awal yang akan dikirim ke kabupaten hanya satu orang perbidang perwakilan sekolah. Artinya jika kamu ingin jadi peserta OSK IPA kamu harus paling matapelajan IPA disekolah kamu, tidak ada duanya. Karna dalam juknis jelas sekolah mengirimkan paling banyak 1 ( satu) peserta lomba untuk setiap bidang lomba. Gak main main ketaknya seleksi di tingkat kabupaten sehingga sekolah pavorit tak bisa mengirim 2 atau 3 peserta, karena jika kedapatan maka akan didiskualifikasi semua peserta yang berasal dari sekolah yang sama pada bidang lomba sama, kan rugi sekolah vaforit ngirim banyak peserta.

Nah, yang lolos kabupaten ini lah yang bisa sampai ke provinsi. Sebelum ke provinsi mereka dilatih kembai oleh team pelati kabupaten dan guru. Siapa yang melatih dan berlatih lebih banyak maka dialah yang besar peluangnya akan menjadi peringkat nasional atau menjadi juara 1 dan 2 provinsi yang akan dikirim ke pecan baru sebagai peserta OSN nasional.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat provnsi pada tahun 2017 dilaksankan pada buan mei yang ditentukan oleh Dinas pendidikan provinsi dengan berkoordinasi dengan direktorat Pembinaan SMP. Peserta OSN tingkat provinsi adalah peserta yang mendapat peringkat 1, 2 dan 3 besar pada OSK 11 maret 2017 dikabupaten masing-masing perbidang lomba. Dalam seleksi OSP soal disediakan oleh panitia pusat OSN sehingga  akan berlaku adil dan jujur. Untuk kelancaran pelaksanaan seleksi tingkat provinsi ini, panitia pusat selalu memantau proses seleksi berlangsung. Sedangkan untuk kejujuran dan dalam pemeriksaan dan pemberian nilai sampai hasil pengumuman dilaksakan oleh panitia pusat di Direktorat Pembinaan SMP.

Siswa SMP 1 Pasaman yang mewakili kabupaten pasaman barat dalam ajang OSP 2017 bidang IPA adalah Husein. Husein yang tercatat saat ini sebagai siswa kelas VIII, tahun sebelumnya ketika kelas VII juga telah sempat menjadi wakil pasaman barat dalam OSP dibidang yang sama. Semoga ditahun ini membuahkan hasil yang maksimal berkaca dari pengalaman sebelumnya menjadi rangking nasional dan ikut OSN 2017 di riau pada bulan juli mendatang.

Rasa Bangga bagi saya walaupun hanya 2 bulan bisa melatih, mengasah mereka dalam grup sains club fisika di SMP 1 Pasaman, Husein adalah memang siswa yang aktif dan memiliki kelebihan dalam penguasaan konsep dan materi  pokok sesuai silabus OSN dibandingkan dengan temannya, ini juga faktor karena tahun sebelumnya sudah pernah menjadi peserta OSN Provinsi.

OSN 2017 akan dilaksanakan di riau Pekanbaru, untuk jenjang SMP dilaksanakan pada tanggal 2-8 juli 2017. OSN tingkat nasional merupakan kegiatan pucak untuk menetapkan siapa peraih medali emas, perak, dan perunggu pada bidang keilmuan masing-masing lomba. Beruntung jika menjadi peserta OSN IPA karena selain dari 3 medali adalah 2 penghargaan yang bisa diraih lagi itu pemenang terbaik teori dan pemenang terbaik eksperimen. Peserta lomba tingkat nasional berjumlah 132 orang untuk masing-masing bidang lomba yang terdiri dari 64 peserta terbaik peringkat nasional dan 68 peserta terbaik perwakilan dari seluruh provinsi. Masing-masing provinsi diwakili oleh 2 orang terbaik per bidang lomba, selain 64 peserta yang tercantum pada peringkat nasional.

Berbagi Informasi, Soal dan Pembahasan OSK, OSP, OSN dan OGN

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon