10 May 2017

Pelaksanan Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 Tingkat Nasional di Pekanbaru

Medali OSN
Kegiatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dilaksanakan secara bertahap, mulai dari seleksi tingkat sekolah, seleksi tingkat kabupaten, seleksi tingkat provinsi dan seleksi tingkat nasional.  Hari ini 10 Mei adalah dari terakhir pelaksanaan OSN 2017 tingat provinsi jenjang SMA, untuk seleksi tingkat provinsi jenjang SMA yang dilaksanakan secara serentak diseluruh Indonesia di provinsi masing-masing 8-10 mei 2017. Selanjutnya bagi yang masuk ranking nasional dan utusan provinsi akan dilanjutkan seleksi tingkat nasional yang akan dilakanakan di kota pekan baru provinsi riau.

Kegiatan Pelaksanan OSN 2017 Tingkat Nasional di Pekanbaru dibagi dalam 2 sesi, untuk jenjang SD dan SMP dilaksanakan pada tanggal 2 – 8 Juli 2017 untuk semua bidang lomba, sedangkan untuk jenjang SMA terbagi menjadi dua waktu tergantung dengan bidang lomba yang di ikuti. OSN 2017 Jenjang SMA Tanggal 2 – 8 Juli 2017 Bidang lomba Biologi, Astronomi, Komputer, Kebumian, Biografi, Ekonomi. Sedngkan untuk bidang Fisika, Kimia dan Matematikan pada tanggal 20-26 Agustus 2017.

Kadis dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi riau, dikutip dari Republika menyambut baik ditunjuknya Riau sebagai tuan rumah OSN 2017. Disampaikannya juga bahwa momen yang bergengsi bagi siswa diseluruh Indonesia yang bisa ikut andil dalam kompetesi sains menjadi momen yang berharga bagi dinas pendidikan dan kebudayan provinsi riau, hal ini disampaikan karea sesuai dengan visi dan misi mereka. Momentum yang sangat berharga ini bisa dijadikan sebagai salah satu langkah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di provinsi riau.

Hal yang diharapkan dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah tumbuhkan dan kembangnya minat serta motivasi siswa dan guru terhadap bidang keilmuan yang yang dilombakan. Selain dari itu hal yang diharapkan adalah terjaringnya sang juara OSN dari tingkat kabupaten kota yang akan menjadi wakil kabupaten kota ke tingkat provinsi, terjaringnya sang juara OSN kembali di tingkat provinsi untuk mengikuti seleksi nasional yang akan memperebukan medali meas, perak dan perunggu. Selanjutnya  Terseleksinya 30 siswa terbaik dari Tingkat Nasional yang akan dipersiapkan untuk mengikuti seleksi Tingkat Internasional. Sampai ke tingkat internasional itu lah sang sebenar benarnya sang juara OSN.

Pelaksanaan Tingkat Internasional tahun 2018 berbeda-beda negara untuk bidang keilmuan yang di olimpiadekan. Berikut negara yang menjadi tuan trumah untuk olimpiade berdasarkan bidang keilmuan yang dilombakan.

Bidang Keilmuan Matematikan yang disebut sebagai International Mathematical Olympiad (IMO) yang akan dilakasanakan diRumania

Bidang keilmuan fisika yang disebuat sebagai International Physics Olympiad (IPhO) yang akan dilaksanakan di  Portugal

Bidang Keilmuan Kimia yang disebut dengan International Chemistry Olympiad (IChO) akan dilaksanakan di Slovakia

Bidang Komputer yang disebut International Olympiad in Informatics (IOI) yang akan dilaksanakan di Japan

Bidang Keilmuan geografi yang disebut International Geography Olympiad (IGeO) ayang akan diselengarakan di Canada

Bidang Keilmuan Kebumian yang disebuat dengan International Earth Science Olympiad (IESO) yang akan diselenggarakan di Thailand

Bidang keilmuan Astronomi yang disebut dengan International Olympiad on Astronomy and Astrophysics (IOAA) yang akan diselenggarakan di Srilanka

Bidang Keilmuan Biolog yang disebut dengan International Biology Olympiad (IBO) yang akan dilaksanakan di Iran

Melihat kembali bahwa tujuan dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah menumbuhkembangkan minat siswa terhadap bidang keilmuan yang di olimpiadekan. Kalau secara umum kita melihat tujuan dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya di bidang  kelimuan yang dilombakan yang berasaskan pendidikan karakter.

1 komentar so far

Ekonomi gk ada tingkat internasionalnya ya :(

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon