04 April 2017

Melihat 7 Kelebihan Yang Didapatkan Oleh Juara OSN. Bagaiamana dengan keadaan kamu ?

Melihat Kelebihan Yang Didapatkan Oleh Juara Osn
Olimpiade Sains Nasional (OSN) adalah salah satu olimpiade yang bergengsi dikalangan siswa, tidak mudah bagi mereka untuk menjad perwakilan sekolah karena harus mengalahkan teman-teman dalam seleksi yang ketat. Begitu menjadi peserta OSN Tingkat Kabupaten tentu bukan hal yang mudah seperti membalik telapak tangan untuk menjadi juara, karena sudah bersaing dengan teman dari sekolah lain yang merupakan unggulan dari sekolah mereka. Ditambah lagi skopnya ketingkat provinsi sungguh persaingan sudah meluas, saingan untuk menjadi perwakilan OSN tingkat nasional harus mengalahka teman dari perwakilan kabupaten masing-masing yang telah lulus seleksi yang ketat juga ditingkkat kabupaten mereka.
 
Sungguh perjuangan yang kuat harus dilakukan untuk menjadi sang juara OSN, tentu ada factor yang mendukung dalam perjuangan itu. Itulah yang akan dibahas dalam tulisan ini Melihat Kelebihan Yang Didapatkan Oleh Juara Osn. Berikut ulasan yang kami utarakan tetang kelebihan yang didapat oleh siswa yang menjadi juara OSN. Bagaimana dengan kamu ?

1# Memiliki Kemauan yang tinggi
Melihat Kelebihan Yang Didapatkan Oleh Juara Osn
Untuk mencapai sesuatu harus berusa dengan semaksimal mungkin. Dengan berbagai cara mulai dari membuat sebuah target, menyusun perencanaan, mempersipakan diri, melatih diri, memperkaya pengalaman dll itulah yan dilakukan oleh siswa yang memenagkan OSN. Tidak ada yang instan, tanpa mempersipakan diri dengan matang bisa menjadi pemenang OSN ? “Tidak”, semuanya butuh perjuangan yang gigih, ini berlaku untuk apa saja yang ingin dicapai, tidak hanya untuk pemenang OSN saja, dalam kegiatan lain juga, orang sukses atau berhasil adalah orang yang telah melewat banyak ragam tantangan untuk menuju sukses. 

Banyak tantangan yang dihadapi oleh siswa yang juara OSN. Salah satu adalah berkurangnya waktu bermain-main bersama teman yang tidak jelas tujuannya. Tapi akan lebih memperbanyak membaca buku, diperpustakaan, searching dan browsing di internet untuk mendapatkan hal baru yang berkaitan untuk menunjang pengetahuan dan pendalaman konsep dan materinya. Tidak mempergunakan waktu terbuang saja untuk bermain game atau chating yang tidak jelas. Bukan berarti tidak pernah main game, tapi membatasi waktunya dan dibagi untuk kegiata belajar, latihan dll.

Tantangan bergaul dengan temanlah yang menjadi tantangan berat bagi siswa untuk menyipakn diri misalkan untuk menjadi juara OSN. Teman sangat mempengaruhi, kalau tidak bisa menyeimbangkannya. Bukan berarti tidak usah berteman dengan orang. Tapi ada waktu yang perlu digunakan untuk mencapai keinginan menjadi sukses.

2# Bersekolah di Sekolah yang Bagus
Melihat Kelebihan Yang Didapatkan Oleh Juara Osn
Sungguh beruntung siswa yang bisa masuk sekolah yang bagus atau sekolah vaforit. Sekolah yang bagus memiliki banyak program kesiswaan yang dapat menyalurkan minat dan bakat siswa. Sekolah yang bagus biasanya hanya sekolah yang terletak dikota kabupaten. Disekolah yang bagus siswa yang memiliki minat dan bakat mendapatkan wadah tempat melatihnya, berbeda dengan sekolah yang didaerh yang belum maksimal dalam menfasilitasi minat dan bakat siswa. 

Sekolah yang memiliki wadah ini, siswa bisa memilih salah satu wadah yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, sangat banyak. Salah satunya adalah sains club. Dalam Club misalnya sains club fisika, sains clun biologi, sains club kimia, matematika, computer dll. Dalam kegiatan club seperti itu sekolah memberikan tugas kepada guru untuk menjadi pelatih. Siswa dapat berlatih mengembangkan bakat dan minat mereka bersama dengan teman lain dalam satu grup dengan pelatih. Minimal biasanya kegiatan seperti ini dilakukan sekali dalam seminggu. Tentu walaupun satu kali dalam seminggu tapi sudah bisa mewadahi siswa, mengingat mengupas dan mebahas yang berikatan dengan menyiapkan diri menjadi sang juara.

Dilihat disekolah daerah, wadah wadah seperti inilah yang kadang belum dimiliki, tentu ada alasan tersendiri bagi mereka. Yakin dan percaya bukan karena Sumer Daya Manusia yang kurang tapi masalah finalsialnya yang tak cukup. Kalau ada kegiatan seperti itu yang memiliki pelatih walapun pelatihnya terkadang dari guru dalam sekolah sendiri tapi juga membutuhkan honor atau transport pelatih. Tidak semua sekolah yang memiliki anggaran yang besar sehingga bisa mencukupi untuk membayar hal demikian.

Melihat itu, orang tua yang ingin anaknya memang betul mendapatkan wadah untuk mengembangkan minat dan bakat anak mereka, tidak jarang juga siswa yang pintar di daerah itu (orang tuanya mampu) bersekolah ke solah favorit dikabupaten. Benar bukan?, lihat lah tetangga dikecamatan kamu banyak yang sekolah ke kota kabupaten. Sehingga terkumpulkan orang-orang hebat tersebut disatu sekolah, ini sebenarnya salah satu penyebab siswa yang juara OSN tingkat kabupaten misalnya bersal dari sekolah itu-itu saja.

3# Menemukan Guru Yang Hebat
Siswa akan beruntung jika bertemu guru hebat. Kalau seperti itu, siswa merugi jika tidak ketemua guru hebat dong ?, Bukan begitu, tapi berutung yang dimaksud disini adalah siswa akan mendapat nilai lebih  jika dibandingkan dengan guru hebat. Kita fokuskan dengan masalah OSN. Siswa beruntung ketemu dengan guru hebat, siswa akan hebat jika bertemu guru hebat. Guru hebat yang dimaksud sesuai dengan konteks pembicaraan OSN adalah guru tersebut pernah menjadi peserta OSN dulunya waktu sekolah atau sewaktu menjadi mahasiswa, atau guru tersebut sering melatih siswa untuk mengikuti OSN setelah menjadi guru ataupun sebelum menjadi guru.

Dimana letak keberuntungannya ?. Jika dibandingkan, (mohon maaf bapak/ibu guru) siswa yang ketemu dengan guru yang tidak pernah menjadi peserta OSN dan sebagainya yang disebut tadi dengan siswa yang ketemu guru yang pernah menjadi peserta OSN dan juga pernah melatih OSN (bukan disekolah saja) maka siswa tersebut akan mendapatkan banyak pengalaman, bukan hanya pengalaman yang bisa di ambil oleh siswa tapi informasi akan lebih cepat sampai, motivasi akan sering diberikan, trik dan trik akan didapatkan. 

Tidak hanya itu dalam mempersipakan materi dan latihan soal akan berpengaruh, karena guru hebat akan lebih banyak menguasi materi focus yang sesuai dengan silabus OSN dan memiliki cara yang cepat, tepat sesuai konsep dalam menyelesaikan permasalahan soal yang rumit.

4# Mendapatkan Support dari Kelurga
Melihat Kelebihan Yang Didapatkan Oleh Juara Osn
Melihat siswa yang menjadi juara OSN kabupaten saja sebagai tingkat terendah lebih banyak siswa yang mendapatkan perhatian, dorongan atau support dari keluarga terutama orang tua. Bahkan bisa dikatakan seluruhnya yang menjadi juara OSN adalah siswa yang benar-benar mendapatkan support dari kelurga. 

Keluraga sangat berperan penting membantu anak dalam mencapaikan anak untuk sukses. Dorongan orang tua juga datang karena orang tua memiliki latar belakang yang pernah menjadi peserta OSN atau orang tua nya guru, atau orang tua yang memang sadar dengan prestasi yang harus diraih anak mereka. Dorongan dari orang tua tidak hanya dengan motivasi, tapi ini juga akan mencakup dalam segi mengeluarkan biaya, apakah itu untuk membeli buku yang berhubungan dengan OSN atau untuk membayar pelatih sebagai jam belajar tambahan bagi anak mereka untuk mempersiapkan diri menjadi sang juara OSN.

Yang banyak menjadi kendala adalah dari segi biaya, tidak semua orang tua mampu untuk membayar pelatih, tapi ini sebenarnya tidak menjadi masalah pokok, minimal dorongan dari keluarga adalah membelikan buku-buku yang berhubungan dengan OSN. Kalau demikian, orang tua akan selalu menmani dan mengontrol anaknya belajar, berlatih untuk mempersipkan diri.

5# Mendapatkan Support dari sekolah
Mendapatkan support dari sekolah sudah sedikit dibahas dalam beruntung siswa yang bisa sekolah di sekolah yang bagus. Bentuk support dari sekolah adalah memberi fasilitas kepada siswa kemudian memberi kesempatan kepada siswa untuk mengikuti kegiatan perlombaan lainnya untuk menambah pengalaman siswa. Terkadang, masih ada sekolah yang kurang respon dengan kegiatan perlombaan untuk diikuti oleh siswa. 

Banyak alasan, mungkin ada juga benarnya salah satunya adalah biaya lagi. Biaya selalu menjadi masalah. Kapan ya biaya ini bisa hilang dalam masalah seperti ini.

Sekolah yang jauh dari pusat kegiatan perlombaan, misalnya dikota kabupaten atau dikota provinsi, untuk transportasi ke sana menjadi kendala utama, lumayan memakan uang sekolah untuk itu karena letak sekolah yang bagitu jauh, padahal siswa memiliki minat, bakan dan kemampuan tentang itu sehingga tidak tersalurkan akhirnya tidak mendapatkan pengalaman yang serupa.   Yakin masalahnya terberat adalah pada finansial. Sangat jaranglah kepala sekolah yang tidak ingin anaknya tampil, bahkan bisa tidaka ada.

6# Mendapat Perhatian dari dinas pendidikan
Bercertia dari pengalaman ditahun 2015 dinas pendidikan dalam hal ini panitia OSN jenjang SMA mengumumkan hasilnya dua minggu sebelum OSP dilaksanakan disalah satu kabupaten X. Nah, kalau demikian kapan siswa aka mempersiapkan diri untuk mengikuti OSN berikutnya karena terkadang siswa malas belajar kembali karena belum pengumuman. Jangankan untuk mendatangkan pelatih kepada siswa calon OSP tersebut.

Ditahun 2017 ini, sudah banyak dinas pendidikan (panitia OSN) yang mengumumkan paling lama seminggu setelah OSN dilaksnakan bahkan ada yang satu hari setelah pelaksanaan. Ini sudah menunjukkan sudah mendapatkan perhatian dari dinas pendidikan untuk siswa yang akan mengikuti OSP. Tapi kalau menurut saya masih ada kurang perhatiannya dalam mendatangkan pelatih kepada calon peserta OSN. Jangan biarkan belajar sendiri saja beri pelatihan walaupun nantinya sebelum OSP dipropinsi ada pelatihan seminggu oleh dosen dari universitas. Tapi ini tidak semua melaksanankan seperti itu.

Siswa yang menjadi juara OSN mendapatkan semuanya, mulai dari motivasi dalam diri, sekolah disekolah yang bagus, bertemu dengan guru hebat dan pelatih hebat, mendapat dorongan orang tua yang luar biasa, mendapatkan support dari dinas pendidikan.

7# Mendapatkan Soal OSN tahun-tahun sebelumnya.
Inilah yang menjadi focus Folder OSN saya dirikan untuk mempermudah calon peserta OSN mendapatkan soal osn tahu sebelumnya dan pembahasannya. Siswa yang menjadi juara OSN pasti mendapatkan soal OSN tahun tahun sebelumnya, apakah itu dari guru atau dari kepala sekolah atau dari dinas pendidikan. Ini hal yang pernah saya temukan ketika melatih persiapan osn SMP tahun 2017, hanya satu orang yang mendapatkan soal OSN sebelumnya itupun dia tak mau meminjamkan dikopi oleh temannya karenadia takut dikalahkan. Sebulan sebelum OSN baru ada yang upload soal OSK SMP 2016 ketika  di internet. Nah, bagaimana mau berlatih dengan berkaca dengan soal OSK tahun sebelumnya.

Ketika saya coba juga untuk mebagikan soal tersebut dalam satu bulan itu saya lihat statistic yang mendownload soal di blog saya mencapai 24.000 an. Begitu perlunya bagi siswa calon peserta OSN untuk membahas kembali soal-soal tahun sebelumnya. Insya allah saya akan selalu update soal-soal osn baik tingkat kabupaten maupun provinsi, jika saya memiliki link download pembahasannya saya juga akan membagikan di folder OSN ini. Begitu juga dengan soal OSN tingat nasional dan soal soal tingkat internasional.

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon