12 March 2017

Olimpiade Guru Nasional (OGN)

OGN
Olimpiade Guru Nasional yang lebih dikenal dengan OGN. OGN adalah salah satu program direktorat pembinaan guru pendidikan dasar dirjen GTK Kemendikbud untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan profesional guru sekaligus mencari guru kelas dan guru mata pelajaran yang unggul. Tidak hanya itu, OGN Guru ini juga untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, kompetensi, motivasi dan kinerja guru untuk menjadi guru yang benar-benar profesional.

Kegiatan Olimpiade Guru Nasional (OGN) merupakan salah satu sarana peningkatan mutu pendidikan dan merupakan ajang untuk mencari guru kelas SD dan guru mata pelajaran SMP yang unggul. OGN diselenggarakan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, dan kinerja guru. Selain itu OGN bertujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan budaya di kalangan guru SD dan SMP. Peningkatan kompetensi tersebut diharapkan akan berdampak positif terhadap karier dan mutu pendidikan

Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Subdit Harlindung telah melaksanakan OGN sejak tahun 2016. Olimpiade Guru Nasional pada tahun 2017 bagi guru SD dan SMP ini merupakan pelaksanaan kegiatan OGN tahun kedua. Peserta dalam kegiatan OGN 2017 terdiri atas Guru Kelas SD dan Guru SMP. Untuk peserta SMP meliputi guru mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Pelaksanaan OGN diawali dengan seleksi tingkat kabupaten/kota yang diikuti oleh guru SD dan SMP. Adapun penyelenggaraannya menjadi tanggung jawab dinas pendidikan kabupaten/kota. Selanjutnya seleksi tingkat provinsi diikuti oleh wakil masing-masing kabupaten/kota yang diselenggarakan dan menjadi tanggung jawab dinas pendidikan provinsi. Hasil seleksi provinsi akan dijadikan finalis tingkat nasional.

Tujuan kegiatan OGN adalah: 
  1. meningkatkan wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, dan kinerja untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan guru SD dan guru SMP;
  2. menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan guru SD dan guru SMP;
  3. membina dan mengembangkan kesadaran ilmiah untuk mempersiapkan siswa dalam menghadapi kompetisi olimpiade;
  4. membangun komitmen mutu guru SD dan guru SMP dalam meningkatkan mutu pendidikan; dan
  5. meningkatkan derajat guru SD dan guru SMP sebagai profesi yang terhormat, mulia, dan bermartabat.
Hasil yang Diharapkan dari OGN adalah :
  1. Terpilihnya pemenang OGN guru kelas SD dan guru SMP untuk mata pelajaran Matematika, IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  2. Meningkatnya wawasan pengetahuan, motivasi, kompetensi, profesionalisme, dan kinerja untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan guru kelas SD dan guru SMP.
  3. Tumbuhnya komitmen guru kelas SD dan SMP untuk membina olimpiade siswa.
  4. Tumbuhnya komitmen guru kelas SD dan SMP untuk meningkatkan mutu pendidikan
  5. Meningkatnya derajat guru SD dan guru SMP sebagai profesi yang terhormat, mulia, dan bermartabat.
  6. Meningkatnya motivasi guru kelas SD dan SMP untuk menjadi guru yang professional.
Bidang yang Dilombakan OGN SD dan SMP
1. Guru kelas SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, dan IPS).
2. Guru SMP meliputi mata pelajaran:
a. Matematika,
b. IPA,
c. IPS,
d. Bahasa Indonesia,
e. Bahasa Inggris.
Sasaran OGN adalah :
Sasaran pedoman ini adalah dinas pendidikan kabupaten/kota, dinas pendidikan provinsi, Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dan semua pihak yang berkepentingan dengan kegiatan OGN. Peserta kegiatan OGN adalah guru kelas SD negeri dan swasta, guru SMP negeri dan swasta.

Persyaratan Peserta OGN Sebagai Berikut : 
  1. Guru kelas SD dan guru SMP yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS), guru bukan PNS di sekolah negeri yang memiliki Surat Keputusan (SK) dari pemerintah daerah, guru yang memiliki SK sebagai Guru Tetap Yayasan (GTY) dengan masa kerja sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun berturut-turut.
  2. Mempunyai Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK)
  3. Tidak sedang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam proses pengangkatan sebagai kepala sekolah atau sedang dalam transisi alih tugas ke unit kerja lainnya.
  4. Belum pernah meraih medali OSNG dan OGN dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.
  5. Memiliki kualifikasi akademik minimal sarjana (S1)/D-IV.
  6. Guru SMP hanya dapat mengikuti lomba pada mata pelajaran yang sama dengan mata pelajaran yang diampu (sesuai Data Pokok Pendidik/DAPODIK).
Bentuk Kegiatan dan Materi Lomba
Kegiatan OGN 2017 dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat nasional dengan mekanisme sebagai berikut:
  1. Pada tingkat kabupaten/kota seleksi dilakukan melalui tes tertulis diatur oleh dinas pendidikan kabupaten/kota. Perangkat tes tertulis dikembangkan oleh dinas pendidikan kabupaten/kota
  2. Pada tingkat provinsi seleksi dilakukan melalui tes tertulis. Perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
  3. Pada    tingkat    nasional    seleksi    dilakukan    melalui    tes    tertulis, eksperimen/eksplorasi/unjuk kerja, dan presentasi. Materi seleksi dan perangkat tes disiapkan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar.
  4. Soal tes tertulis dari tingkat kabupaten/kota, provinsi maupun nasional mengacu pada cakupan materi yang terdapat pada lampiran 1 pedoman ini.
Hadiah dan Penghargaan Juara OGN
Hadiah dan penghargaan diberikan kepada peserta OGN sebagai motivasi untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran dan kegiatan pendidikan lainnya. Pengaturan pemberian hadiah bagi para pemenang tingkat kabupaten/kota dan tingkat provinsi diserahkan sepenuhnya kepada pemerintah daerah sesuai dengan kemampuan masing-masing.
 
Materi OGN Guru Kelas SD 
Bahasa Indonesia
  1. Sejarah, fungsi, dan ragam Bahasa Indonesia
  2. Ejaan, pilihan kata, kalimat efektif, paragraf, dan teks
  3. Keterampilan berbahasa Indonesia: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis
  4. Sastra dan anresiasi sastra: nuisi. nrosa fiksi. dan

Matematika
  1. Bilangan: bilangan ash, bilangan bulat, bilangan    rasional, dan bilangan desimal, sifat keterbagian, FPB dan KPK, serta pemecahan masalah terkait bilangan.
  2. Geometri dan pengukuran: konsep sudut, sifat-sifat bangun datar dan    ruang, sistem koordinat Cartesius, transformasi geometri sederhana (translasi, refleksi, rotasi, dan dilatasi), pengukuran berat, panjang, luas, keliling, volume, sudut, waktu, jarak, dan kecepatan, pemecahan masalah terkait geometri dan pengukuran.
  3. Statistika dan peluang: pengumpulan dan penyajian data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik; rata-rata hitung, median, modus pada data tunggal dan data berkelompok; peluang kejadian sederhana; pemecahan masalah terkait statistika dan peluang
  4. Kapita selekta: penggunaan pola dan generalisasi untuk menarik kesimpulan; pemecahan masalah terkait gabungan beberapa materi (bilangan, geometri, pengukuran, statistika, dan peluang)
  5. Penerapan    pedagogik    sesuai    dengan    materi Matematika.
IPA
  1. Penggolongan hewan dan tumbuhan, manfaat hewan dan tumbuhan bagi manusia, upaya pelestariannya, dan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya.
  2. Bagian-bagian tubuh pada manusia, hewan, tumbuhan, fungsi dan gangguannya, perilaku serta daur hidupnya
  3. Sifat benda, hubungan gaya dan gerak, cahaya, bunyi, dan energi, campuran dan larutan, kalor dan perubahan wujud benda serta pemanfaatannya
  4. Sumber daya alam, lingkungan, pencemaran, dan teknologi
  5. Listrik, magnet, dan kebermanfaatnnya
  6. Matahari sebagai pusat tata surya, kenampakan dan perubahan permukaan bumi, serta hubungan peristiwa alam dengan kehidupan tumbuhan, hewan,    dan kegiatan manusia
  7. Penerapan pedagogik sesuai dengan materi pelajaran IPA.
IPS
  1. Sejarah nasional
  2. Makna bhineka tunggal ika
  3. Sumber daya alam
  4. Kegiatan ekonomi (produksi, konsumsi dan distribusi) e.Kemajuan teknologi dan informasi
  5. Peninggalan sejarah nasional dari masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia
  6. Keragaman kenampakan alam dan buatan wilayah Indonesi
  7. Perjuangan tokoh pejuang pada masa penjajahan Belanda dan Jepang
  8. Gejala alam yang terjadi di Indonesia
  9. Peranan Indonesia di era global
  10. Ekspor dan impor
  11. Penerapan pedagogik sesuai dengan materi pelajaran IPS.
Cakupan Materi OGN SMP
Bahasa Indonesia
  1. Sejarah dan perkembangan bahasa Indonesia
  2. Kedudukan, fungsi, dan ragam bahasa Indonesia 
  3. Ejaan, pilihan kata, kalimat efektif, paragraf, dan wacana
  4.  Keterampilan berbahasa Indonesia: menyimak, berbicara, membaca, dan menulis
  5. Teori dan apresiasi sastra Indonesia: puisi, prosa fiksi,
Matematika
  1. Bilangan: bilangan    asli,    bilangan    bulat,    bilangan    rasional, bilangan prima dan bilangan komposit, sifat keterbagian, FPB dan KPK, sifat-sifat operasi bilangan, sifat-sifat bilangan berpangkat dan bentuk akar, barisan dan deret bilangan, pemecahan masalah terkait bilangan.
  2. Aljabar: bentuk aljabar, operasi aljabar melibatkan bilangan rasional, bilangan berpangkat atau bilangan bentuk bentuk    akar,    relasi,    fungsi    linear    dan    kuadrat, persamaan    linear,    sistem    persamaan    dan pertidaksamaan linear, persamaan kuadrat, perbandingan senilai dan berbalik nilai, aritmatika sosial, konsep himpunan dan operasi himpunan, pemecahan masalah terkait aljabar.
  3. Geometri: kedudukan dua garis, sifat-sifat garis, jarak dua titik jarak titik ke garis, konsep sudut, hubungan antara garis dengan garis, garis dengan sudut dan sudut    dengan sudut,    sifat-sifat bangun    datar,    keliling    dan    luas permukaan bangun datar, kesebangunan dan kekongruenan, teorema pythagoras, unsur dan bagian lingkaran, garis singgung persekutuan dalam dan persekutuan luar dua lingkaran, lingkaran dalam dan luar segitiga, sifat- sifat bangun ruang (volume, luas permukaan, dan jaring-jaring), sistem koordinat, transformasi    geometri    (translasi,    refleksi,    rotasi, dilatasi), dan pemecahan masalah terkait geometri.
  4. Statistika dan peluang: pengumpulan,    pengolahan,    penginterpretasian,    dan penyajian data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik; ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran; percobaan, kejadian, titik sampel, dan ruang sampel, peluang kejadian; aturan penjumlahan dan perkalian, permutasi dan kombinasi; pemecahan masalah terkait statistika dan peluang
  5. Kapita selekta: pemodelan    matematika    dari    masalah    nyata    dan solusinya; penggunaan pola dan generalisasi untuk menarik    kesimpulan;    eksplorasi    matematika; pemecahan masalah terkait gabungan beberapa materi (bilangan, aljabar, geometri, statistika, dan peluang)
  6. Penerapan pedagogik sesuai dengan materi pelajaran Matematika.
IPA
  1. Pengukuran:    besaran,    satuan,    dan    dasar-dasar pengukuran.
  2. Mekanika• gerak lures, hukum Newton, usaha dan energi, pesawat sederhana, tekanan fluida, hukum Archimedes, dan hukum Pascal.
  3. Termodinamika: suhu dan termometer, suhu dan pemuaian, kalor dan perubahan wujud.
  4. Gelombang dan optika:    getaran dan gelombang, gelombang bunyi, gelombang cahaya, pembentukan bayangan dan alat-alat optik.
  5. Kelistrikan dan kemagnetan: gaya dan medan listrik, arus dan rangkaian listrik, medan magnet, induksi elektromagnetik
  6. Karakteristik zat: sifat bahan; bahan kimia; unsur, senyawa,    dan    campuran;    pemisahan    campuran; perubahan fisika dan perubahan kimia; asam dan basa; atom, ion, dan molekul.
  7. Bumi dan alam semesta: struktur bumi, tata surya, gerak edar bumi dan bula
  8. Makhluk hidup dan pentingnya pelestarian.
  9. Siklus biogeokimia, pencemaran lingkungan,    dan usaha-usaha penanggulangannya
  10. Jaringan pada tumbuhan, jenis hama, dan penyakit yang umum menyerang tumbuhan.
  11. Mekanisme fotosintesi
  12. Sistem gerak pada tumbuhan, hewan, dan manusi
  13. Sistem pencernaan pada hewan dan manusia serta kelainan dan penyakit sistem pencernaan manusia
  14. Sistem pernafasan pada hewan dan manusia serta penyakit pada sistem pernafasan manusia.
  15. Sistem transportasi pada hewan dan manusia, sistem kekebalan tubuh serta kelainan dan penyakit sistem transportasi manusia.
  16. Pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan, hewan, dan manusia.
  17. Sistem ekskresi pada hewan dan manusia, serta kelainan dan penyakit pada sistem ekskresi manusia.
  18. Sistem saraf dan indera pada hewan dan manusia serta kelainan dan penyakit pada sistem saraf dan indera manusia.
  19. Sistem hormon pada hewan dan manusia, serta kelainan atau penyakit yang disebabkan oleh kelebihan atau kekurangan hormon pada manusia
  20. Ekologi
  21.  Pewarisan sifat
  22. Bioteknologi dan mikrobiolo
  23. Penerapan IPA dalam kehidupan
  24. Penerapan pedagogik sesuai dengan materi IPA
IPS
  1. Pengertian, struktur dan peranan IPS (fakta, konsep, prinsip/teori, prosedur/generalisasi).
  2. Keragaman bentuk muka bumi dampaknya terhadap kehidupan.
  3. Kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia
  4. Manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
  5. Peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
  6. Gejala-gejala yang terjadi di atmosfer, lithosfer, dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan
  7. Konsep perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan-peninggalannya
  8. Konsep perkembangan masyarakat, kebudayaan,dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan
  9. Materi perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa kolonial Eropa
  10. Kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
  11. Permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembanguna
  12. Proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesi
  13. Berbagai upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
  14. Bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
  15. Peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesi
  16. Upaya pengendalian penyimpangan sosial dalam kehidupan penyimpangan sosial masyarakat pengendalian penyimpangan sosial
  17. Ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
  18. Peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
  19. Perubahan sosial-budaya pada masyarakat
  20. Perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
  21. Unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia
    Tenggara
  22. Pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera w.Masa orde barn dan masa lahirnya reformasi
  23. Perkembangan lembaga-lembaga internasional dalam kerja sama internasional
  24. Globalisasi
  25. Penerapan pedagogik    sesuai    dengan materi    IPS Terpadu.
Bahasa Inggris
1. Makna teks tertulis dalam berbagai genre: descriptive; procedure; narrative; exposition; recount; news item dan report:
  • Gambaran umum
  • Informasi tertentu
  •  Informasi rinci
  • Makna kata
  • Prediksi awal, tengah, dan akhir t
2. Unsur-unsur kebahasaan (language features) dalam berbagai genre sebagaimana pada poin 
3. Fungsi sosial dalam berbagai genre sebagaimana pada poin a
4. Penerapan pedagogik sesuai dengan materi pelajaran Bahasa Inggris.


Referensi : Pedoman Pelaksanaan Olimpiade Guru Nasional (OGN) Untuk Guru SD dan Guru SMP 2017

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon