29 March 2017

7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN. Kalau kamu sendiri sudah lakukan belum ?

7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN
Salam Kompetsi saya sapakan kepada seluruh pemba 7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN. Dalam tulisan ini saya akan berbagi tips yang menjadi kebiasaan sang juara. Selamat datang di dunia persaingan yang ketat. Yaitu dunia Olimpiade Sains Nasional. Olimpiade Sains Nasional (OSN) pasti sering anda dengar, sejak anda masih duduk menggunakan seragam merah putih hingga sekarang anda sudah menggunakan seragam putih dongker atau putih abu-abu. Kuping sudah sering mendengar kata Olimpiade yang soalnya sulit. Ya begitulah faktanya suka atau tidak suka, mau atau tidak mau jika anda memasuki dunia OSN atau limpiade lainnya anda harus menghadapi soal yang memiliki tingkat kerumitan dari soal yang dipelajari duduk dibangku pelajaran kelas bersama teman lainnya. Kamu akan bertemu dengan berbagai tingkat kesulitan dan terkadang susah menganalisa soalnya apa lagi untuk menjawabnya. 

Waduh, kalua begitu rumit soalnya bagaimana saya bisa menjawabnya dan tentu tidak akan menang dalam olimpiade tigkat kabupaten, saya yakin kamu pasti berharap untuk menang, bukan hanya kamu, tapi orang tua, guru, teman dan guru pembimbing. Ingat,  kenapa orang lain bisa dan anda saat ini belum memiliki kesempatan sama dengan mereka dalam olimpiade.

Nah, apa yang dilakukan meraka ?. Salah pendukung dari mereka bisa adalah karena lingkungannnya mendukung, apa hanya itu ?, tentu saja tidak, meraka memiliki kebiasaan yang mereka lakukan secara rutin dalam mempersipkan diri menjadi juara OSN dan itu bukan dalam waktu 2-3 minggu sebelum mengikuti olimpiade. Berikut 7 Kebiasaan yang sering oleh pemenang olimpiade :

1# Membuat Target 
7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN
Orang yang sukses adalah orang yang punya target, untuk mendapatkan hasil yang optimal buat lah sebuah target pencapaian. Apa tager anda ?, misalkan anda menarget harus mendapat 3 besar dikelas, atau target anda harus menjadi juara umum disekolah. Anda ingin menjadi sang juara OSN buat lah target anda yang tinggi. Untuk apa target tinggi, dengan target tinggi anda akan melakukan perjuangan yang maksimal. Bukankah kita berjuang untuk menggapai target yang jelas ?, tentu IYA. Maka buatlah target sekarang.

2# Membuat Perencanaan 
7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN
Targer bebeda dengan rencana. Target adalah sesuatu yang akan anda capai, rencana adalah langkah langkah anda untuk mencapai target. Susunlah sebuah rencana anda dengan matang sehingga anda bisa menjadi sang juara OSN. Seperti apa perencanaan yang harus dibuat, bisa anda membuat sebuah rencana jangka pendek atau jangka panjang. Untuk jangka pendek anda bisa menyusun rencana dalam sebuah tabel, waktu, tempat, kegiatan dan keterangannya atau anda membuat sebuah seperti kalender. Apa saja yang pokok dalam perencanaan itu: bisa Apa saja materi pokok yang harus dikusai, jadwal belajar, belajar dengan siapa (guru, sendiri, atau pelatih), apa buku yang harus anda pegangi, apa buku tambahan yang harus anda miliki, jenis apa saja soal yang harus anda sering latihan, dll sesuai dengan kebutuhan anda.

Kapan dibuat perencanaan ?, apakah sebulan sebulan sebelum OSN, atau seminggu atau 2 miggu sebelum OSN. Tentu saja tidak.

Nah, jadi kapan dibuat perencanna. Perencanaan untuk menjadi juara OSN minimal dibuat setahun sebelum OSN (kok lama ). Iya memang lama, karena proses sangatlah penting. Setelah OSN tahun ini, bulan ini juga mulailah membuat sebah perencanaan anda akan menjadi sang juara tahun depan. Itu adalah perencanaan yang minim.

Jika anda ingin merencanakan jangka panjang, anda ingin menjadi sang juara OSN ditingkat SMP, atau SMA anda harus mulai dari SD, sejak dini anda sudah mulai membuat sebuah perencanaan, anda mulai bekal diri anda untuk OSN berikutnya, anda memulai berlatih baik segi keilmuan maupun mental anda dalam berkomptesi. Pemenang OSN yang sampai ke tingkat nasional adalah anak yang terlatih sejak SD dan sudah siap untuk menjadi OSN, plus dukungan dan support dari keluarga yang tinggi.

3# Persiapan yang matang (kuasai materi ) 
7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN
Tidak mungkin bisa menjadi juara kalau materi anda tidak menguasinya. Bagaimana anda akan menjawab soal kalau materi tidak diketahui.  Materi apa saja yang harus diketahui tentu materi bidang ilmu yang anda akan ikut dalam olimpiade dan ilmu pendukung lainnya. Saya misalkan anda mengikuti OSN Fisika, maka selain anda mengusai materi fisika secara konsep dasar dan lanjutnya anda juga harus mengusai bidang ilmu matematika pada bagian tertentu. Karena untuk penyelesaiannya nanti anda membutuhkan matematika. 

Materi yang dikuasai adalah materi yang di OSN kan, untuk setiap tahunnya team selalu membuat silabus sebagai pedoman. Tapi saya sarankan juga jangan hanya focus pada dilabus saja, kadang kita kurang paham memahami isi silabus sehingga tidak terkusai satu bidang tertentu saja maka disitulah menjadi kelemahan, lihat pada kebiasan no 4 selalu merasa kurang. 

Jika anda mengikuti OSN tingkat SD maka anda harus mengusai materi OSN SD, jik anda akan mengikuti OSN jenjang SMP, maka anda harus mengusai OSN SD dan OSN SMP. Tapi jik anda anda sekarang akan mengikuti OSN jenjang SMA maka anda harus menguasai materi OSN SD sampai OSN SMA.

4# Terus latihan dan selalu merasa kurang
7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN
setelah anda menempuh langkah 3 untuk menjadi juara OSN, sekarang anda lanjutkan untuk selalu berlatih mengerjakan soal. Banyak jenis dan tipe soal yang akan anda bisa kerjakan untuk berlatih, dimulai dari mudah, latihan dari mengerjakan soal mudah, misalkan anda mengerjakan soal setipe Ujian Nasional, jika SMP ditambah mengerjakan soal tingkat SMA jika SMA berlatih mengerjakan soal tingkat SBMPTN. 

Setelah mengerjakan tipe soal mudah, baru mulai melanjutkan ke soal yang rumit soal tipe olimpiade. Perbanyaklah mengerjakan soal, kalau mau menang  ?, ya minimal memiliki satu buku OSN selanjutnya bisa mendownload soal soal OSN lainnya dari internet. Sangat banyak para blogger yang mau berbagi soal-soal olimpiade di intente.

Tidak lepas dari itu anda juga bisa berlatih dengan mengikuti pra OSN online yang di adakan oleh sebuah komunitas. Anda juga bisa berlatih dengan mengikuti olimpiade lainnya. Selain dari berlatih untuk uji materi, anda berlatih uji mental, dengan terbiasa ikut sejenis olimpiade lainnya anda kan bisa tenag mengerjakan soal walaupun sesulit apaun soalnya.

Setelah banyak berlatih mengerjakan soal, ikut sana sini kegiatan olimpiade sejenis lainyya, anda jangan pernah merasa puas. Teruslah selalu merasa kurang sehingga anda tidak pernah terhenti berlatih. 

Dalam perencanaan yang disusun, anda juga sudah membuat jadwal latihan. Latihan dengan siapa, dimana, berapa waktu untuk satu kali latihan. Lakukan secara rutin. Biasa saja kalua seorang pemenag OSN berlatih untuk OSN 2 kali dama seminggu.

5#  Perbanyak Pengalaman 
7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN
Perbanyak pengalaman telah sedikit saya singgung di no 4. Pengalaman sangat menentukan juga anda bisa menjadi juara. Sangat jarang yang ditemukan seorang pemenang yang baru satu kali ikut saja. Kita lihat sipemenang OSN adalah orangnya itu itu saja. Sejak mulai SD sudah megikuti OSN, sampai ke tingkat OSN. Tidak hanya OSN tapi banyak perlombaan dan olimpiade sejenis lainnya yang dia ikuti. Ini ajang latihan untuk mencapai suatu target yang besar. Misalkan target menjadi juara nasional dan sampai ke kancah intenasional ketika SMA, maka mulai dari SD sudah berlatih dan memperiapkan diri dengan sejuta pengalaman untuk itu.

6# Berdoa kepada allah
 
7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN
Setelah membuat target, perencanaan,  mengusai materi, latihan dan memiliki pengalaman jangan lupa untuk meminta kepada allah. Berdoalah kepadaNya semoga apa yang anda target dikabulkan. Tidak bisa lepas dariNya karena sebesar apaun yang kita lakukan dan kita peroleh semua adalah atas kendekNya. Jika anda beragama islam bisa lakukan berdoa selalu setelah shalat wajib untuk target anda menjadi juara OSN dan bisa ditambah dengan shlat tahajut.

7# Mita Restu dari orang tua
 
7 Kebiasaan yang dilakukan oleh sang juara OSN
Terakhir dalam 7 kebiasaan sang juara OSN adalah meminta restu kepada orang tua. Restu orang tua sangat perlu, bisa jadi keberhasilan itu tertunda karena restu orang tua.  Tapi jarang ditemukan, bahkan tak pernah kalua ia seorang pemenang pasti selalu meminta restu kepada orang tuanya. Jarang orang yang nakal menjadi pemenang. Semoga anda bisa menjadi pemenang berikutnya. Itulah doa dari saya untuk anda. Aaminn.

Silahkan berkomentar sesuai dengan tulisan diatas, saya akan segera membalas komentar anda.
EmoticonEmoticon